SEJARAH

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

SMA ISLAM KEPANJEN

I. PERIODE PERSIAPAN.

Tahun 1984

II. Hasil Musyawarah Yayasan Pendidikan Islam “Hasyim Asy’ari” tanggal 27 Nopember 1984 tentang PANITIA PENDIRI SMA ISLAM KEPANJEN, maka secara resmi berdirilah SMA Islam Kepanjen, dan Ir. LALU ABDUL MANAN selaku Kepala Sekolahnya, yang kemudian menggunakan Gedung SD NU Jl. Sawunggaling No.71 sebagai tempat belajar dengan status “TERCATAT”. (Surat ijin pendirian sekolah dari Kantor Wilayah Depdikbud Propinsi Jawa Timur tanggal 1 Oktober 1985).

Pada tahun 1987 Bapak Drs. MUSOLI HARIS resmi menjadi Kepala Sekolah menggantikan Bapak Ir. Lalu Abdul Manan mendapatkan tugas baru di Proyek Brantas Tengah Wilayah Kediri.

F Pada Periode ini merupakan periode yang sangat sulit karena sekolah menggunakan dua tempat belajar SD NU dan SMP Islam Kepanjen (1988-1989)

F Sejalan dengan itu pula sekolah memperoleh jenjang akreditasi yang lebih baik, yaitu : DIAKUI dengan SK. 009/ C/ Kep./ I/ 1990.

Tahun 1990 - 1995.

Pada tahun 1991 Berdirilah sebuah lembaga kursus yang diberi nama : “HACE COURSE” ( Hasyim Asy’ari Computer and English Course ). Dengan tujuan tidak hanya membekali siswanya dengan Ilmu Pengetahuan saja tetapi juga ketrampilan, agar setelah lulus dan memasuki dunia kerja mereka telah memiliki ketrampilan khusus.

Sejalan dengan itu pula SMA Islam mulai berpikir untuk membangun Gedung sendiri, maka mulailah membeli sebidang tanah di Jalan Diponegoro 152 dengan Luas Tanah 7.668 m2

Bulan Desember 1994 mulailah membangun Gedung SMA Islam yang ditandai dengan peletakan Batu Pertama Oleh ROMO KH. MAHFUDZ MUCHTAR (Alm.) Dengan dana awal adalah murni bantuan masyarakat dan sumbangan dari Bapak Ibu Guru.

Gedung tahap I terdiri dari 8 ruang teori, 5 kamar mandi, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang BP/ BK, dan selesai tanggal 15 Juli 1995, diresmikan dilakukan Oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur: Bapak BASOFI SUDIRMAN pada tanggal 24 Oktober 1995.

Tahun Pelajaran 1995/1996 secara resmi SMU Islam Kepanjen pindah ke Jl. Diponegoro 152 Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen. Pada tahun ini pula terealisasinya Lapangan Olahraga.

Periode 1996 - 2000.

Tahun Pelajaran 1996/1997 terealisasi 2 lokal yang terletak di sebelah utara Mushola menghadap ke timur.

Tahun 1997 s.d 1998 terealisasinya pembangunan Mushola dengan kapasitas ± 500 Jama’ah. Mushola ini merupakan harapan warga sekolah yang sangat diinginkan, karena sebelumnya warga sekolah jika akan shalat banyak menggunakan tempat-tempat seadanya, bahkan di rumah-rumah tetangga.

Tahun Pelajaran 1998/1999 terealisasi 2 lokal bangunan kelas dengan posisi di sebelah selatan Mushola menghadap ke timur.

Pada Periode ini sekolah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berprestasi Akademis Juara II untuk sekolah swasta se Kabupaten Malang.

Tahun Pelajaran 1999/ 2000 terealisasi 3 lokal bangunan kelas dengan posisi paling selatan menghadap ke utara.

Periode 2000 – Sekarang .

Mulai tahun pelajaran 2000/ 2001, semua kelas rombongan belajar bisa masuk pagi, karena jumlah lokal sudah terpenuhi dari realisasi pembangunan pada tahun pelajaran sebelumnya.

Tahun pelajaran 2001/ 2002, Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal memiliki tujuan strategis dalam menyiapkan generasi muda penerus kepemimpinan bangsa.

Bidang pembinaannya mencakup akhlaq, Akademis dan Ketrampilan.

Dalam rangka pembinaan akhlaq tersebut lembaga berusaha mengendalikan segala bentuk penyimpangan-penyimpangan yang terjadi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.

Memperhatikan saat itu kondisi sekolah yang belum terpagar sehingga pada waktu istirahat siswa masih keluar lingkungan sekolah untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk itulah sekolah membangun pagar belakang dan Center Food (pusat jajan) siswa dan dananya dari (Guru, OSIS, dan Siswa).

Tahun pelajaran 2002/ 2003, Pada tahun Pelajaran ini tepatnya tanggal 1 Oktober 2002, SMA Islam Kepanjen mencanangkan Visi dan Misi sebagai berikut :

BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI, BERBUDAYA, BERPENGETAHUAN, BERKETRAMPILAN DAN BERKEPEDULIAN.

Tahun pelajaran 2003/ 2004, karena jumlah ruang kelas tidak memenuhi, maka dengan segala upaya sekolah berusaha menyelesaikan Gedung Perkantoran Lantai 3 dan Alhamdulillah pada akhir bulan Agustus 2003 sudah dapat ditempati dan diselesaikan 2 lantai dengan peruntukan : Lantai I untuk perkantoran, Lantai II untuk Laboratorium IPA dan Komputer.

Tahun pelajaran 2004/ 2005, terealisasi Laboratorium Bahasa dengan posisi paling timur menghadap selatan.

Dan secara berturut-turut tahun 2004 dan 2005 mengirimkan:

Duta pertukaran pelajar ke Jerman ( Siswa Jurusan BAHASA ).

Tahun pelajaran 2005 – 2006, tidak banyak masalah, karena jumlah lokal sudah terpenuhi dari realisasi pembangunan pada tahun pelajaran sebelumnya. Yaitu Ruang belajar berlantai 2 yang berada di sebelah selatan menghadap utara dan ditempati untuk ruang belajar kelas X ( Sepuluh ). Dan perluasan ruang perpustakaan sehingga lebih representatif.

Tahun pelajaran 2006 – 2007, penambahan sarana prasarana difokuskan pada paving lapangan volly, tempat parkir siswa, pengecatan ruang belajar dan penyelesaian gedung perkantoran pada lantai 3 digunakan untuk AULA.

SARANA PRASARANA DAN TENAGA YANG DIMILIKI

1. Prasarana yang dimiliki :

Ø 16 Kelas/ ruang belajar

Ø 17 Rombongan belajar

Ø 1 Laboratorium Komputer

Ø 1 Laboratorium Bahasa

Ø 1 Laboratorium IPA

Ø 1 Perkantoran (R.Kepala Sekolah, R.Waka., R.Tata Usaha, R.Guru, R. UKS., R. BP/ BK, R.Tatib)

Ø 1 Ruang Perpustakaan

Ø 1 Mushola

Ø 1 Ruang Musik

Ø Center Food dan Koperasi Siswa (Kopsis)

Ø 11 Kamar Mandi/ WC

Ø 1 Gudang

Ø 1 Dapur

Ø Tempat Parkir.

Ø Lapangan Olahraga (Basket, Bola Volly, Bak Lompat, Sepak Bola, Bulu tangkis)

Ø AULA

Seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan hasil swadaya orang tua/ wali murid dan masyarakat Kepanjen yang peduli Pendidikan.

2. Tenaga yang dimiliki :

Ø 1 Kepala Sekolah

Ø 53 Orang Guru ( 1 Orang GTY, 9 Orang Guru DPK, 1 Orang Guru Bantu, 42 GTT dan 6 Orang Pembina Ekstrakurikuler )

Ø 4 Tenaga Administrasi dan 5 Pembantu Pelaksana.

Ø Jumlah Siswa 648 dan

Ø Jumlah Lulusan : 2722 Siswa .

3. Kegiatan :

Serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati 22 tahun SMA Islam Kepanjen yang bersifat intern diantaranya:

Khotmul Qur’an, Istighosah, Ceramah Agama, Dialog Interaktif, Lomba-lomba, Gerak Jalan Sehat dan Gelar Seni.

Demikian Sejarah pertumbuhan dan perkembangan SMA Islam Kepanjen kami buat, mudah-mudahan Alloh swt, selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

Tim Penyusun :

Karnoto,

Drs. Musoli Haris,

Drs. Edi Kuncoro.











SEJARAH



PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN



SMA ISLAM KEPANJEN


Motto :









Upaya Dibya  Tumeka Puputing Yuswa



DIPERSEMBAHKAN :


DALAM RANGKA ULANG TAHUN KE-22 SMA ISLAM










SMA ISLAM KEPANJEN


Jl.: Diponegoro 152 Telp.(0341) 395840 Ardirejo - Kepanjen - Malang



1985 - 2007

Tidak ada komentar: